7 Alasan Ikut Himpunan Mahasiswa (HIMA) yang Penting Banget


Di kampus sangatlah banyak organisasi ataupun komunitas yang bisa seorang mahasiswa ikuti. Mulai dari komunitas hobi hingga ke sosial dan politik. Tapi ada satu organisasi yang amat sangat mendasar tapi sayangnya tidak begitu banyak peminat, yaitu himpunan mahasiswa (hima). Oleh karena itu, kali ini kita akan sedikit membahas alasan ikut himpunan mahasiswa agar kamu lebih ngeh kalau ikut HIMA itu penting, pakai banget.
Well, karena namanya menggunakan kata “himpunan” berarti ia terkait dengan perkumpulan. Bisa perkumpulan apa saja, yang jelas mesti ada kesamaan. Misalnya HIMA Jurusan atau biasa juga disingkat HMJ. Atau HIMA kedaerahan, biasanya di tiap kampus itu ada. Apalagi kampus multikultural seperti kampus-kampus besar dari Jawa.
Nah, biar gak panjang-panjang langsung saja kita bahas inti dari artikel ini, yuk disimak!
Alasan Ikut Himpunan Mahasiswa
  • Latar Belakang yang Sama
Alasan masuk HIMA yang paling penting banget, menurut penulis, adalah kesamaan dari latar belakang setiap anggota dan calon anggotanya. Mereka ada di departemen atau jurusan yang sama. Mereka berasal dari kampung atau daerah yang sama. Kesamaan itu menjadi senjata ampuh untuk menjalin hubungan baik baik secara organisasi maupun secara interpersonal.
  • Keluarga yang Paling Dekat
Banyak banget sih organisasi atau komunitas mahasiswa lainnya di luar HIMA, tapi yang perlu kamu ketahui komunitas lain itu skopnya lebih luas, sedang HIMA adalah eksklusif untuk kalangan tertentu saja. Tentu saja HIMA menjadi keluarga terdekat bagi tiap anggotanya karena mereka berangkat dari latar belakang yang sama tadi.
  • Menambah Kenalan dan Relasi
Meskipun skopnya tidak terlalu luas, tapi percayalah dengan ikut HIMA kamu akan mendapatkan kenalan baru. Kamu bisa kenalan dengan teman satu departemen, bahkan kalau beruntung kamu bisa saja berkenalan dengan keluarganya yang manatahu adalah karyawan di perusahaan besar, jadi bisa nambah relasi, bukan? Selain itu, kamu juga bisa menambah kenalan teman-teman yang ternyata sekampung denganmu juga di HIMA daerah. Kalau misalnya kapan-kapan kamu pulkam, kan bisa janjian juga.
  • Membantumu Dalam Studi
Tidak dapat dipungkiri bahwa ikut HIMA, khususnya HIMA jurusan, akan memberikan kamu peluang untuk bisa memperkuat pengetahuanmu dengan bidang studi yang sedang kamu ambil. Pasalnya, kamu bisa membuat kelompok belajar bersama dengan anggota lainnya. Kamu juga bisa bertanya ke senior yang lebih dahulu menempuh mata kuliah tertentu. Dengan begitu, studimu akan terbantu.
  • Belajar Sosialisasi
Nyatanya, keahlian yang dibutuhkan saat sudah tamat dari kampus bukan hanya keahlian terkait bidang studi kita saja, tapi juga ada soft skill yang berkaitan dengan kemampuan kita bersosial, berkomunikasi dan sebagainya. Nah, selama di HIMA kamu akan belajar bagaimana bersosialisasi yang baik, serta berkomunikasi juga.
  • Sarana untuk Lebih Dekat Dengan Dosen
Banyak kegiatan atau iven yang dilakukan oleh HIMA yang bisa melibatkan dosen di dalamnya. Misalnya saja diskusi akademik dan sebagainya. Hal itu adalah kesempatan yang bagus bagi anggota HIMA untuk bisa lebih dekat dengan dosen-dosen mereka di kampus.
  • Tempat Bertukar Pikiran dan Bersantai
Alasan ikut himpunan mahasiswa terakhir yang bisa penulis ulas saat ini adalah sebagai tempat bertukar pikiran dengan sesama anggota. Mungkin kamu punya ide yang bagus dalam berkreativitas terkait bidang studimu. Atau bahkan kamu punya ide keren untuk memajukan daerahmu. Ide tersebut tidak bisa disimpan sendiri, diskusikan dengan teman di HIMA dan lihatlah komentar mereka. Bahkan jika perlu ajak mereka terlibat. Satu lagi, saat kamu jadi anggota HIMA kamu punya tempat untuk bersantai, minimal saat jeda kuliah kamu bisa nongkrong untuk istirahat atau diskusi di sekretariatnya.
Nah, itulah beberapa alasan ikut himpunan mahasiswa yang bisa kami bagikan. Pastikan sebelum kamu melanglang buana aktif di organisasi atau komunitas lain, kamu mengambil peran dalam HIMA jurusan atau daerahmu sendiri. Yakinlah, dengan begitu kamu akan mendapatkan hal-hal baik yang tidak semestinya kamu lewatkan. Semoga berhasil.

Komentar

Postingan Populer